Isometrik merupakan gambar proyeksi miring dari sebuah objek. Cara menggambar isometrik ialah dengan menampilkan tiga bidang dari objek, yaitu bidang sebelah atas, kiri dan kanan yang semuanya diproyeksikan pada sebuah bidang datar setelah objek tersebut dimiringkan pada sudut tertentu. Ketiga bidang itu dibatasi oleh tiga sumbu dan masing-masing sumbu membentuk sudut kemiringan yang berbeda. Hasil gambar isometrik  masih merupakan gambar dua dimensi.

sudut isometrik

Teks pada gambar isometrik

Gambar isometrik banyak dilengkapi teks untuk memberikan keterangan pada gambar. Teks tersebut perlu ditampilkan sesuai dengan keadaan isometrik, untuk itu perlu diperhatikan Obliquing angle dan Rotation angle.

Bagi pemula agar bisa cepat menggambar isometrik dapat memanfaatkan simbol-simbol yang sudah banyak disediakan disitus-situs yang berhubungan dengan autocad, salah satunya www.bibliocad.com. Disini banyak tersedia simbol-simbol dari berbagai macam kategori. Untuk menggambar simbol dari arah sudut yang berbeda bisa memodifikasi simbol-simbol yang sudah ada (mirror, rotate, dll). Untuk anda yang dikejar deadline, bisa memanfaatkan kreatifitas anda dengan memodifikasi gambar yang sudah dibuat sebelumnya. Ada sedikit kesulitan bagi seorang pemula untuk menggambar isometrik yaitu pemahaman tentang sudut. Untuk memudahkan dalam menggambar bisa menggunakan fasilitas isometric snap. Cara mengaktifkan nya anda bisa mengetikkan ddrmodes pada command prompt.

Bagi anda yang menggambar jalur pipa (pipeline) isometrik, simbol yang sering anda pakai diantaranya; flange, union hammer, eccentric reducer & concentric reducer, valve (di sesuaikan dengan kebutuhan), dll. Jika anda memerlukan tebal garis yang berbeda (width), anda bisa menggunakan polyline(command prompt: pl). Untuk membuat garis putus-putus, autocad sudah cukup banyak menyediakan linetype  yang bisa dipilih pada toolbar. Pada tampilan pertama linetype yang tersedia hanya beberapa saja, anda bisa load untuk linetype yang lain.