Pemindai (Scanner)

Pemindai (scanner) merupakan perangkat masukan yang dipergunakan untuk masukan dalam bentuk grafis. Adapun jenis-jenis dari pemindai, yaitu:

  1. Pemindai High-End Drum. Pemindai ini mampu memindai dengan pantulan dan kebeningan dari benda berukuran 33mm  hingga 16-kaki x 20inci dengan resolusi tinggi (10,000dpi+).
  2. Pemindai compact document. Pemindai ini didesain khusus untuk OCR (Optical Character Recognition) dan manajemen dokumen.
  3. Pemindai Slide/Transparancy. Pemindai ini bekerja dengan melakukan perbandingan terhadap cahaya datang dan cahaya pantul yang melalui citra.
  4. Pemindai Barcode. Pemindai ini biasanya dipergunakan pada minimarket untuk membaca harga dari sebuah produk.
  5. Pemindai Flatbed. Merupakan tipe pemindai yang umum ditemui dipasaran. Tipe ini mampu menangkap warna gambar, dokumen, halaman buku dan majalah atau klise photo.

Prinsip Kerja Pemindai

Semua pemindai bekerja dengan prinsip pencerminan cahaya. Sebuah citra diletakkan diatas kaca yang dibagian bawahnya terdapat sumber cahaya dan sensor. Sejumlah cahaya dicerminkan melewati citra dan diterima oleh sensor. Oleh sensor, cahaya akan dikonversikan ke tegangan yang sebanding dengan intensitas cahaya. Prinsip kerja pemindai digambarkan  pada gambar berikut:

scanner

Prinsip kerja pemindai